Warga Desa Sruni Boyolali Masak Pakai Gas dari Kotoran Sapi


Sejak beberapa waktu terakhir, warga Desa Sruni, Kecamatan Musuk, sudah tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli gas elpiji. Warga sudah bisa memanfaatkan biogas dari kotoran ternak sapi, yang mereka pelihara.

Selama ini, hampir di setiap rumah warga di sana memiliki ternak sapi. Kotoran sapi atau lethong tersebut, tak hanya digunakan sebagai pupuk saja, tetapi saat ini sudah dimanfaatkan sebagai sumber energi biogas. Selain untuk memasak, ada juga yang sudah bisa memanfaatkan biogas untuk lampu penerangan.

Saat ini warga yang sudah memiliki biogas sudah mencapai ratusan. Bahkan, seluruh anggota kelompok tani Agni Mandiri desa setempat, juga sudah memiliki instalasi biogas tersebut. “Potensi kotoran sapi di sini sangat berlimpah karena hampir setiap warga memiliki ternak sapi,” ungkap Ketua Kelompok Tani Agni Mandiri, Setyo pekan lalu.

Sementara itu, salah seorang warga Dukuh Sruni, Asriyah menuturkan, lantaran hanya punya satu ekor sapi, instalasi biogasnya pun cukup kecil. Namun demikian, dia bisa menghemat biaya untuk gas elpiji atau beli kayu bakar untuk memasak. “Lumayan, sudah tidak perlu lagi beli gas elpiji untuk memasak,” kata dia.

Teknisi Pembuatan Biogas Kelompok Tani Agni Mandiri Desa Sruni, Widiatmono menjelaskan, untuk membuat instalasi biogas, tak butuh biaya yang mahal. Menurut dia, Rp 5 juta pun sudah bisa membuat satu unit biogas sendiri berkapasitas tangki enam kubik yang sudah bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak keluarga setiap hari.

“Kalau di tempat kami dana Rp 3,5 juta bahkan sudah bisa membuat satu biogas karena pembuatannya kami kerjakan dengan gotong royong,” jelas dia.

Selain dimanfaatkan sebagai pengganti elpiji, biogas tersebut juga sumber energi penerangan pengganti listrik PLN. Caranya, biogas tersebut disalurkan ke lampu petromak melalui selang berikut kerannya. Saat ini jumlah warga yang sudah memiliki biogas mencapai 107 orang. Prestasi ini membuat Desa Sruni mampu menjadi Juara I lomba desa mandiri energi tingkat Jateng 2016 dan berhak maju ke tingkat nasional dalam lomba yang sama.

Related Posts:

0 Response to "Warga Desa Sruni Boyolali Masak Pakai Gas dari Kotoran Sapi"

Posting Komentar