Tim SAR Gabungan Telah Menemukan Dua Pendaki Tersesat Di Gunung Merbabu

 
Tim SAR gabungan mengevakuasi dua pendaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah, yang hilang sejak hari Minggu (14/5/2017) lalu. Salah satu pendaki ditemukan dengan beberapa luka namun dalam kondisi selamat. Keduanya ditemukan di tebing jurang.

Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono, mengatakan dua survivor tersebut ditemukan tim SAR pukul 09.15 WIB pagi tadi. Proses evakuasi dilakukan menggunakan alat karena mereka berada di tebing atau tanah miring dekat jurang di wilayah Watu Gubug.

"Hingga kini informasi dari tim di lapangan upaya proses evakuasi sedang dilakukan tim SAR gabungan mengingat kondisi penemuan korban berada di perengan (tebing) jurang," kata Agus, Selasa (16/5/2017).

Dua survivor yang ditemukan tersebut atas nama Angga Wahyu Setiawan (16) dan Inggil Pangestu (16). Keduanya merupakan warga Ngetak Mulyo 3, Kuto Winangun, Salatiga.

"Satu korban atas nama Inggil dikabarkan mengalami luka di beberapa bagian tubuh sehingga harus mendapatkan pertolongan medis untuk turun, sementara satu survivor lainnya atas nama Angga dalam kondisi fisik masih sehat," jelasnya.

Sementara itu Komandan Basarnas di lapangan, Hardi Amanurijal, mengatakan mereka sebenarnya satu rombongan terdiri dari 12 orang saat mendaki pada hari Sabtu (13/5) lalu. Mereka berangkat dari Salatiga pukul 16.00 WIB, tiba di lokasi base camp Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan sekitar pukul 19.30 WIB.

"Kemudian melanjutkan mendaki dan pada pukul 24.00 WIB mereka sampai di pos tiga Gunung Merbabu," kata Hardi.

Keesokan harinya mereka sampai di pos empat. Di sana Inggil dan Angga beristirahat sedangkan teman-temannya melanjutkan pendakian. Ketika rombongan yang sampai di puncak turun, Inggil dan Angga mendahului ke basecamp Cuntel.

Namun ketika rombongan 10 orang itu tiba di basecamp Cuntel, ternyata Inggil dan Angga tidak ditemukan. Teman-temannya ada yang sempat mendengarkan teriakan Inggil yang mengatakan ia tersesat. Namun Inggil tidak lagi menjawab ketika teman-temannya berteriak. Saat itu kondisi berkabut dan ponsel tidak berfungsi.

"Kedua survivor tersebut ditemukan oleh tim yang melakukan penyisiran via Barat dari jalur Tekelan. Lebih lanjut penemuan korban sendiri berada di daerah Watu Gubug," terang Hardi.

Related Posts:

0 Response to "Tim SAR Gabungan Telah Menemukan Dua Pendaki Tersesat Di Gunung Merbabu"

Posting Komentar