Patung Soekarno manahan akan di buka selubungnya Nanti malam pukul 00:00 wib


Banyak Masyarakat yang penasaran dengan yang ditutupi dengan selubung putih di Plaza Manahan. Itu akan terjawab karena Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan membuka selubung tersebut.

Pembukaan selubung putih itu akan dilakukan Jumat (28/10) dini hari, atau tepatnya pukul 00.00 WIB. Pemilihan waktu ini disesuaikan dengan peringatan ke-88 Sumpah Pemuda. Jika banyak yang belum tahu benda yang terbungkus tersebut adalah patung Sang Proklamator, Ir. Soekarno.

Pose patung sendiri yakni sedang membaca buku sambil duduk. Pelepasan selubung putih sekaligus menandai dibukanya Plaza Manahan untuk umum. Meskipun, sebenarnya pembangunan plaza belum rampung 100 persen.

“Rencana selubung patung Bung Karno akan dibuka, Jumat (28/10) Pukul 00.00 WIB. Itu nanti sekaligus untuk memperingati Sumpah Pemuda, 28 Oktober ke-88 tahun,” terang Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surakarta, Hasta Gunawan saat ditemui di Balaikota, Rabu (26/10/2016).

Rangkaian acara proses pelepasan selubung sendiri akan dimulai, Kamis (27/10/2016) malam. Acara akan dibuka dengan renungan Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-88 tahun. Sedikitnya 600 tamu undangan akan hadir dalam acara ini. Selain itu juga akan ada pemutaran film-film dokumenter dan perjuangan.

Ini bertujuan untuk menggelorakan semangat para pemuda. Dan nantinya tepat pukul 00.00 WIB selubung patung Bung Karno akan dilepas oleh Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo.

Untuk renungan akan diisi sejumlah kegiatan. Di antaranya, parade puisi, refleksi sumpah pemuda dan penyerahan tumpeng ke perwakilan pemuda. Lanjut dia, untuk proyek tahap kedua ini memang belum rampung secara keseluruhan tinggal pengerjaan finishing saja.

Nantinya akan dibahas lebih lanjut untuk peresmiannya. Meski begitu, pembukaan selubung patung Bung Karno menjadi tanda bahwa Plaza Manahan sudah bisa dikunjungi untuk umum.

“Itu memang belum selesai tinggal finishing saja. Untuk fasilitas seperti lampu, CCTV atau penjaga sudah dilakukan, ini dibangun dengan anggaran Rp 6,82 miliar,” imbuhnya.

Hasta menambahkan, nantinya masih ada pengerjaan untuk tahap lanjutan dan sudah diajukan anggaran lewat APBD 2017 sekitar Rp 1,4 miliar. Untuk pengerjaan ke depan fokusnya pada lampu, aksesori ataupun landscape bahkan ada usulan penggantian pohon cemara dengan pohon yang lebih besar, seperti  kecik manila atau bisbol.

“Ke depan motor dilarang melintasi jalan depan plaza karena hanya untuk pejalan kaki, nanti juga akan dipasang rambu dan fasilitas parkir sepeda,” sambungnya.

Sementara itu, Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo menyatakan, jika proyek pembangunan tahap kedua cukup bagus. Yang mana tidak sampai akhir Oktober sudah bisa selesai. Nanti akan ada personel Linmas dan Satpol PP untuk berjaga dan pengawasan saat ini mulai dibuka.

“Walau dibuka sementara, tetap ada pengawasan. Jangan sampai public space ini disalahgunakan, ini belum selesai masih ada tahap ketiga,” tandasnya.

Related Posts:

0 Response to "Patung Soekarno manahan akan di buka selubungnya Nanti malam pukul 00:00 wib"

Posting Komentar