Muncul Alternatif Lokasi Lagi untuk pembangunan bandara di boyolali

Rumor lokasi rencana pembangunan bandara komersil yang digagas Bupati Boyolali, Seno Samodro semakin menguat. Kabarnya, pembangunan bandara baru itu berlokasi di Desa Madu, Karangnongko, dan Tambak, Kecamatan Mojosongo. Namun demikian, sejauh ini belum ada penetapan resmi terkait lokasi pembangunan bandara tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Boyolali, Hendrarto Setyo Wibowo, mengatakan, masih ada beberapa lokasi lain yang menjadi alternatif selain tiga desa di Mojosongo tersebut. Sayangnya, Hendrarto enggan menyebutkan lokasi alternatif yang dia maksud.

Dia hanya mengakui jika ada rencana pembangunan bandara di Boyolali dan pihaknya membuat perencanaan yang bersifat makro. Seperti, realisasi rencana tersebut menggunakan dana dari investor dan Pemkab Boyolali hanya membuat perencanaan pengembangan infrastruktur pendukung.
“Sampai saat ini belum bisa dipastikan dan belum ada penetapan lokasi pembangunan, apakah di Desa Madu dan sekitarnya atau di tempat lain,” ungkap dia. Rabu (5/10).

Dia menjelaskan, untuk penetapan lokasi bandara, tentu saja harus melalui kajian yang komprehensif dari pihak terkait yang berwenang. Artinya, kajian tidak hanya dari Pemkab saja, tetapi juga dari PT Angkasa Pura maupun TNI Angkatan Udara.

“Setelah ada penetapan lokasi rencana pembangunan, pihaknya akan melakukan kajian dasi sisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Lokasi yang ditetapkan untuk dibangun bandara nanti harus sesuai dengan RTRW,”.

Lebih lanjut Hendrarto menjelaskan, setelah ada penetapan lokasi pembangunan bandara, perencanaan pengembangan infrastruktur pendukung akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang rencananya dimasukkan pada RKPD 2017 nanti.

Dibagian lain, Pemkab Boyolali berencana membangun jalan kabupaten di wilayah Madu-Singosari pada 2017 mendatang. Kepala Desa Madu, Mardimin, berpendapat, rencana pembangunan jalan tersebut dimungkinkan terkait dengan rencana pembangunan bandara tersebut.

Terkait pembangunan jalan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM (DPU dan ESDM) Boyolali, M.Kodri mengatakan, pihaknya sudah mulai mengukur lokasi yang akan dibangun jalan kabupaten tersebut. Hanya saja, kata Qodri, pembangunan jalan itu tidak terkait dengan rencana pembangunan bandara. Sebab, hingga saat ini proyek tersebut belum ada kepastian.

Sumber : joglosemar

Related Posts:

0 Response to "Muncul Alternatif Lokasi Lagi untuk pembangunan bandara di boyolali"

Posting Komentar