Tebing Jalan Dukuh Kembang RT 4 RW 3, Desa Canden, Kecamatan Sambi longsor, Tiga Rumah Terancam

Tebing jalan di tepi jurang setinggi delapan meter di Dukuh Kembang RT 4 RW 3, Desa Canden, Kecamatan Sambi longsor, Sabtu (8/10) malam. Akibat longsor itu, jalan desa tersebut terancam putus karena terus menyempit. Longsor sepanjang 20 meter itu membuat lebar jalan yang semula tiga meter, hanya tersisa sekitar satu meter saja.

Warga pun was-was longsor susulan terjadi lagi dan semakin panjang. Apalagi kondisi jalan saat ini sudah terlihat retak-retak dan intensitas hujan masih tinggi. Di sisi lain, terdapat tiga rumah warga yang ikut terancam karena lokasinya cukup dekat dengan lokasi longsor.

Menurut Ketua RT 3 RW 4, Rambat, longsor yang terjadi di jurang yang berbatasan dengan Sungai Kidul desa setempat itu baru diketahui, Minggu (9/10) pagi. Beruntung tidak ada koban jiwa dalam insiden itu. Menurutnya, kejadian itu sudah dilaporkan ke Pemerintah Desa Canden untuk segera diambil tindakan lebih lanjut.

“Harapan kami segera ada tindak lanjut, karena jika hujan deras lagi, kami khawatir longsor semakin lebar dan mengenai rumah warga,” jelas Rambat, Minggu (9/10).

Dijelaskan Rambat, sebenarnya sebelum kejadian tebing longsor itu, warga sudah berupaya mengantisipasi dengan memperkuat dinding jurang supaya tidak ambrol. Antisipasi dilakukan dengan membangun pondasi di sepanjang jurang sebagai penahan tanah agar tak terkikis. Pembangunan pondasi tersebut dilakukan dengan gotong royong warga secara swadaya sekitar setahun lalu.

“Ternyata pondasi itu tidak kuat menahan longsor. Padahal saat dibangun tahun lalu, konstruksinya sudah dibuat lebih kuat,“ jelas dia.

Kondisi jalan yang terkikis hampir habis tersebut, membuat kaget warga yang biasa melintasi jalan itu. Nur Hadi, salah seorang pedagang keliling yang sering melintasi jalur tersebut mengaku kaget saat mengetahui kondisi jalan yang longsor. Apalagi sehari sebelumnya kondisi jalan masih aman.

“Biasanya lewat jalan ini setiap hari, tapi karena longsor dan tinggal satu meter lebarnya, terpaksa cari jalan lain,” ujar dia

Sumber : joglosemar

Related Posts:

0 Response to "Tebing Jalan Dukuh Kembang RT 4 RW 3, Desa Canden, Kecamatan Sambi longsor, Tiga Rumah Terancam"

Posting Komentar