pendaki merapi-merbabu dihimbau untuk waspada terhadap cuaca extrem


Kondisi cuaca cukup ekstrem saat ini akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Karena itu, SAR Boyolali memperingatkan para pendaki yang hendak ke Gunung Merapi-Merbabu agar tidak memaksakan diri dan mewaspadai kondisi cuaca.

Demikian diungkapkan Kurniawan Fajar Prasetyo, Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kamis (13/10/2016). Yoyok, demikian dia akrab disebut mengungkapkan, curah hujan yang cukup tinggi saat ini cenderung ekstrem di jalur pendakian kedua gunung tersebut.

Pihaknya bahkan sudah melakukan survei kondisi jalur di kedua gunung tersebut. Hasilnya, kondisi cuaca ekstrem sering terjadi dan bisa membahayakan, terutama bagi pendaki pemula yang minim persiapan. Kondisi cuaca ekstrem yang sering terjadi menurut Yoyok, yakni hujan dengan intensitas tinggi dan diserta dengan angin yang cukup kencang, bahkan juga petir yang cukup intens.

“Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi pendaki pemula yang minim persiapan,” ungkap Yoyok.

Sehingga pihaknya pun mengimbau agar para pendaki pemula, untuk menunda rencana pendakian ke kedua gunung tersebut. Begitu pula kepada pendaki yang berpengalaman, pihaknya mengimbau agar melakukan pendakian dengan kesiapan yang matang.

“Jangan memaksakan diri, terlebih jika tanpa persiapan,” kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan Yoyok, dari hasil survei beberapa hari kemarin, cuaca ekstrem yang biasa terjadi di kawasan puncak, saat ini sudah mulai terasa di pos I. Kondisi cuaca yang tak bersahabat juga menyebabkan jalur pendakian semakin licin dan rawan longsor karena lapisan tanah yang basah dan gembur.

Related Posts:

0 Response to "pendaki merapi-merbabu dihimbau untuk waspada terhadap cuaca extrem"

Posting Komentar