Mendaki Sindoro Via Kledung, menikmati indahnya alam temanggung


Sedikit tentang gunung sindoro
Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.
Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).
Hutan di kawasan Gunung Sundoro mempunyai bertipe hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.(wikipedia)

Basecamp

Berada di Jl raya parakan-wonosobo km 12 kledung, temanggung
lokasinya tepat di pinggir jalan raya dan ada pohon besar, terdapat fasilitas loket tiket pendakian, tempat parkir, kamar mandi dan toilet, serta dekat dengan masjid.
Dari sini semua dimulai hahahahaha

Basecamp - POS I
Setelah sampai di basecamp pendaki sindoro via kledung, ada 2 pilihan. Jika ingin menghemat waktu, bisa menggunakan ojek dari basecamp ke POS I, untuk biaya ojek kurang tahu saya,yang penting pinter-pinter aja tawar menawarnya , atau jalan kaki ke pos I dengan waktu 1,5 jam. Perlu diketahui, dari basecamp ke POS I, anda akan melalui perumahan warga serta melewati ladang Tembakau warga (memang sedang musim panen tembakau). Warga di sini cukup ramah-ramah meski bahasa mereka sedikit berbeda dari bahasa jawa.

POS I - POS II (Cawang)

Setelah dari pos I lanjut berjalanan menuju pos II atau pos cawang. Treknya berkelok-kelok sedikit nanjak dengan jalanan tanah yang masih bersahabat dengan pemandangan pepohonan hutan, Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan, sampailah di POS II yang disebut cawang.


POS II - POS III

Perjalanan kami lanjutkan ke POS III sindoro. Trek menuju pos 3 ini sedikit menanjak dengan didominasi batu-batu besar, namun masih bisa dijangkau. Dari pos II ke pos III sekitar 2 jam perjalanan normal.
Pos III berada di bawah hitan lamtoro dan sunrise camp, nah di pos III kami mendirikan tenda untuk bermalam karena di pos III cocok untuk membuat tenda dimana masih banyak pohon dan tumbuhan sehingga aman saat terjadi kemungkinan hujan dan angin serta menunggu sunrise di pagi harinya.
kalo cuaca cerah selain di pos III, sunrise camp sangat bagus untuk mendirikan tenda dan menunggu sunrise( catatan= Cuaca cerah )



POS III - POS IV - PUNCAK

Hari berikutnya, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan di pagi hari, setelah membuat sarapan (masak nasi,goreng tempe dan nughet, sayur bayem plus sambal pecel). Kami menuju puncak Gunung sindoro diketinggian 3153 mdpl. Saat menuju ke pos 4.
medan cukup menantang,jalan sangat menanjak serta di dominasi batu-batuan, disini perjalanan tak ada pengampunan dalam 2-3 jam nanjak teruss sampe puncak gunung sindoro.

 PUNCAK


Setelah perjuangan diatas sampelah tujuanya. PUNCAK GN SINDORO.
karena gunung ini gunung vulkano aktif jadi di puncak terdapat kawah serta bau belerang dari dalam kawah yang cukup menyengat.
untuk para pendaki di wajibkan berada di puncak pada kisaran di bawah jam 12 siang (waktu ideal 05.00- 10.00). ini untuk menghindari gas beracun dari dalam kawah.
foto-foto cek di >>>>Dokumentasi gn Sindoro

(Tim terdiri : febri (admin), mas udin, sumarsono, agus a.k.a khentos, agus a.k.a gori, agung)

Related Posts:

0 Response to "Mendaki Sindoro Via Kledung, menikmati indahnya alam temanggung"

Posting Komentar